dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul ajar operasi pecahan berbasis pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) yang valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep matematika peserta didik tingkat SMP. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan (Research and Development) dengan pendekatan model ADDIE yang terdiri dari lima tahapan: Analysis (analisis), Design (perancangan), Development (pengembangan), Implementation (implementasi), dan Evaluation (evaluasi), namun penelitian ini hanya dilaksanakan hingga tahap implementasi. Subjek penelitian adalah 23 siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 02 Medan, sedangkan objek penelitian berupa modul ajar materi operasi pecahan yang dikembangkan dengan pendekatan PMRI.Instrumen yang digunakan meliputi lembar validasi dan angket respon siswa, serta dianalisis melalui uji validitas, kepraktisan, dan keefektifan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul ajar yang dikembangkan memenuhi kriteria sangat valid dengan nilai persentase 85%, serta sangat praktis berdasarkan hasil angket siswa dengan persentase 87,65%. Dari segi keefektifan, peningkatan pemahaman konsep peserta didik berdasarkan hasil pretest dan posttest menghasilkan nilai gain sebesar 0,80, yang termasuk dalam kategori efektif. |
en_US |