Research Repository

PENGEMBANGAN DESAIN PEMBELAJARAN PEMAHAMAN KONSEP OPERASI PECAHAN PESERTA DIDIK DENGAN PENDEKATAN PMRI

Show simple item record

dc.contributor.author DEWI, ANGRAINI NASUTION
dc.date.accessioned 2025-10-04T07:59:30Z
dc.date.available 2025-10-04T07:59:30Z
dc.date.issued 2025-08-07
dc.identifier.uri http://localhost:8080/handle/123456789/28846
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul ajar operasi pecahan berbasis pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) yang valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep matematika peserta didik tingkat SMP. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan (Research and Development) dengan pendekatan model ADDIE yang terdiri dari lima tahapan: Analysis (analisis), Design (perancangan), Development (pengembangan), Implementation (implementasi), dan Evaluation (evaluasi), namun penelitian ini hanya dilaksanakan hingga tahap implementasi. Subjek penelitian adalah 23 siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 02 Medan, sedangkan objek penelitian berupa modul ajar materi operasi pecahan yang dikembangkan dengan pendekatan PMRI.Instrumen yang digunakan meliputi lembar validasi dan angket respon siswa, serta dianalisis melalui uji validitas, kepraktisan, dan keefektifan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul ajar yang dikembangkan memenuhi kriteria sangat valid dengan nilai persentase 85%, serta sangat praktis berdasarkan hasil angket siswa dengan persentase 87,65%. Dari segi keefektifan, peningkatan pemahaman konsep peserta didik berdasarkan hasil pretest dan posttest menghasilkan nilai gain sebesar 0,80, yang termasuk dalam kategori efektif. en_US
dc.publisher UMSU en_US
dc.subject Pengembangan en_US
dc.subject Modul Ajar en_US
dc.subject Operasi Pecahan en_US
dc.subject Pendidikan Matematika Realistik Indonesia en_US
dc.subject Pemahaman Konsep en_US
dc.title PENGEMBANGAN DESAIN PEMBELAJARAN PEMAHAMAN KONSEP OPERASI PECAHAN PESERTA DIDIK DENGAN PENDEKATAN PMRI en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account