Abstract:
Jalan raya adalah faktor yang penting bagi perkembangan kehidupan
manusia,karena perkembangan jalan dan perkembangan kehidupan manusia saling
mempengaruhi. Meningkatnya kemacetan pada jalan perkotaan maupun jalan luar
kota diakibatkan bertambah nya kepemilikan kendaraan,terbatasnya sumber daya
untuk pembangunan jalan raya dan belum optimalnya pengoprasian arus lalulintas
yang ada.Tujan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penyebab kemacetan
lalulintas yang terjadi di ruas Jalan Karya Medan.Setelah diproleh data volume
yang terjadi pada jam puncak, dilakukan analisa laluintas berdasarkan aspek
teknik yang didasarkan pada Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia (PKJI 2023)
untuk menentukan hambatan samping,tingkat kapasitas dan derajat kejenuhan di
Ruas Jalan Karya Medan. Tingkat kepadatan paling maksimum pada ruas Jalan
Karya Medan terjadi pada hari Senin, 30 Juni 2025 dengan angka yang di dapat
sebesar 424 bobot kejadian dengan kelas hambatan samping yang dikategorikan
hambatan samping tergolong sedang (S). Dan yang paling terendah terjadi pada
hari sabtu, 5 Juli 2025 dengan angka yang didapat sebesar 226 bobot yang dapat
di kategorikan hambatan samping tergolong rendah (R).Di ruas Jalan Karya ini
terdapat pertokoan,kendaraan berhenti,kendaraan keluar masuk sembarangan.Nilai
volume lalulintas di dapet mencapai 1841 smp/jam dengan kapasitas jalan sebesar
1536 smp/jam dan memiliki derajat kejenuhan 1,19 smp/jam.