Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media Quizlet terhadap
kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas XI di SMA Al-Ulum
Terpadu Medan pada materi Trigonometri. Latar belakang penelitian ini
didasarkan pada kurangnya kemampuan siswa dalam memahami konsep-konsep
dalam pembelajaran matematika serta penggunaan media berbasis teknologi.
Media Quizlet dipilih karena menyediakan fitur-fitur interaktif seperti flashcards,
games dan kuis yang dapat meningkatkan keterlibatan siswa dalam belajar serta
memudahkan siswa dalam memahami dan meningat konsep-konsep matematika.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain pretest-posttest
one group. Subjek penelitian adalah 33 siswa kelas XI MIA 1 yang dipilih
menggunakan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan melalui tes uraian
yang mengukur kemampuan pemahaman konsep matematis dan angket persepsi
siswa terhadap penggunaan media Quizlet. Hasil analisis menggunakan paired
sample t-test menunjukkan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, yang berarti terdapat
pengaruh yang signifikan dari penggunaan media Quizlet terhadap kemampuan
pemahaman konsep matematis siswa. Hasil uji statistik regresi linier sederhana
menunjukkan bahwa persepsi siswa terhadap media Quizlet memberikan
kontribusi sebesar 57,1% terhadap peningkatan kemampuan tersebut. Dengan
demikian, dapat disimpulkan bahwa media Quizlet merupakan media
pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep
matematis siswa dan layak digunakan dalam proses pembelajaran matematika
yang inovatid dan interaktif.