Research Repository

PENGARUH TPACK TERHADAP KESIAPAN MENJADI GURU PADA MAHASISWA FKIP UMSU

Show simple item record

dc.contributor.author PRATIWI, VIOLLA
dc.date.accessioned 2025-10-02T04:30:39Z
dc.date.available 2025-10-02T04:30:39Z
dc.date.issued 2025-08-11
dc.identifier.uri http://localhost:8080/handle/123456789/28751
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh TPACK khususnya aspek Pedagogical Knowledge terhadap kesiapan menjadi guru mahasiswa FKIP UMSU. Penelitian in menggunakan pendekatan kuantitatif karena objek yang akan diteliti diwujudkan dalam bentuk angka dan dianalisis berdasarkan analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 391 orang mahasiswa FKIP UMSU angkatan 2021 yang telah menempuh mata kuliah Micro Teaching dan sampel sebanyak 198 orang mahasiswa yang dipilih menggunakan teknik proportionate stratified random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikansi 0,000 < 0,05. Koefisien determinasi menujukkan bahwa TPACK berkontribusi sebesar 29,6% terhadap kesiapan menjadi guru. Dengan demikian, penguasaan Pedagogical Knowledge yang baik akan mendorong kesiapan mahasiswa FKIP UMSU dalam menjalani profesi sebagai guru. en_US
dc.publisher umsu en_US
dc.subject TPACK en_US
dc.subject Pedagogical Knowledge en_US
dc.title PENGARUH TPACK TERHADAP KESIAPAN MENJADI GURU PADA MAHASISWA FKIP UMSU en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account