dc.description.abstract |
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh TPACK khususnya aspek
Pedagogical Knowledge terhadap kesiapan menjadi guru mahasiswa FKIP UMSU.
Penelitian in menggunakan pendekatan kuantitatif karena objek yang akan diteliti
diwujudkan dalam bentuk angka dan dianalisis berdasarkan analisis statistik.
Populasi dalam penelitian ini sebanyak 391 orang mahasiswa FKIP UMSU
angkatan 2021 yang telah menempuh mata kuliah Micro Teaching dan sampel
sebanyak 198 orang mahasiswa yang dipilih menggunakan teknik proportionate
stratified random sampling.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikansi 0,000 < 0,05.
Koefisien determinasi menujukkan bahwa TPACK berkontribusi sebesar 29,6%
terhadap kesiapan menjadi guru. Dengan demikian, penguasaan Pedagogical
Knowledge yang baik akan mendorong kesiapan mahasiswa FKIP UMSU dalam
menjalani profesi sebagai guru. |
en_US |