Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mendalami apakah strategi guru PAI berupa
peran strategi guru PAI (X1) dan strategi program guru PAI (X2)
berpengaruh dan signifikan terhadap pembentukan attitude siswa SMP
Muhammadiyah 47 Medan Krio (Y). Metode penelitian dengan analisis
data kuantitatif, sedangkan data primer diperoleh lewat pembagian angket
ke-78 responden penelitian yang kemudian diregres dengan analisis regresi
berganda dengan bantuan olah data SPP versi 21. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa: (1) Semua item butir pernyataan kuesioner yang
disebarkan ke-78 responden adalah valid dan reliabel karena r hitung di atas
r tabel; (2) Semua variabel bebas dalam menjelaskan variasi dari variabel
terikat sebesar 33%, sedangkan sisanya sebesar 77% karena alasan lain di
luar model; (3) Semua variabel bebas secara bersama-sama berpengaruh
terhadap variabel terikat karena F hitung lebih besar dari F tabel; dan (4)
Peran strategi guru PAI (X1) dan strategi program guru PAI (X2), keduanya
berpengaruh dan signifikan terhadap pembentukan attitude siswa SMP
Muhammadiyah 47 Medan Krio (Y). Hasil penelitian ini sesuai hipotesis.