dc.contributor.author |
HASIBUAN, SITI MAWADDAH |
|
dc.date.accessioned |
2025-10-01T07:21:59Z |
|
dc.date.available |
2025-10-01T07:21:59Z |
|
dc.date.issued |
2025-08-07 |
|
dc.identifier.uri |
http://localhost:8080/handle/123456789/28703 |
|
dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model self directed learning
terhadap kemandirian belajar matematika siswa kelas VIII SMP Islam Setia Nurul
Azmi Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode
eksperimen dengan desain penelitian yang digunakan adalah One Group Pretest
Posttest. Sample penelitian adalah 30 siswa sebagai kelas yang diterapkan model
pembelajaran self directed learning. Instrumen yang digunakan adalah instrumen
tes diberikan sebelum dan sesudah perlakuan bertujuan untuk mengetahui tingkat
kemampuan kemandirian belajar matematika siswa. Analisis data dilakukan
menggunakan paired sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan
kemandirian belajar matematika sebelum penerapan SDL mempunyai nilai rata
rata 59,00 dan setelah penerapan SDL meningkat menjadi 75,07. Uji hipotesis
mengunakan paired sample t-test menunjukkan nilai (Sig. 2-tailed) < 0,001.
Disimpulkan bahwa adanya pengaruh yang signifikan dari model pembelajaran
self directed learning terhadap kemandirian belajar matematika siswa kelas VIII
SMP Islam Setia Nurul Azmi Medan. |
en_US |
dc.publisher |
umsu |
en_US |
dc.subject |
Kemandirian Belajar Matematika |
en_US |
dc.subject |
Self Directed Learning |
en_US |
dc.title |
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SELF DIRECTED LEARNING TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP ISLAM SETIA NURUL AZMI MEDAN |
en_US |
dc.type |
Thesis |
en_US |