Research Repository

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SELF DIRECTED LEARNING TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP ISLAM SETIA NURUL AZMI MEDAN

Show simple item record

dc.contributor.author HASIBUAN, SITI MAWADDAH
dc.date.accessioned 2025-10-01T07:21:59Z
dc.date.available 2025-10-01T07:21:59Z
dc.date.issued 2025-08-07
dc.identifier.uri http://localhost:8080/handle/123456789/28703
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model self directed learning terhadap kemandirian belajar matematika siswa kelas VIII SMP Islam Setia Nurul Azmi Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen dengan desain penelitian yang digunakan adalah One Group Pretest Posttest. Sample penelitian adalah 30 siswa sebagai kelas yang diterapkan model pembelajaran self directed learning. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes diberikan sebelum dan sesudah perlakuan bertujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan kemandirian belajar matematika siswa. Analisis data dilakukan menggunakan paired sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan kemandirian belajar matematika sebelum penerapan SDL mempunyai nilai rata rata 59,00 dan setelah penerapan SDL meningkat menjadi 75,07. Uji hipotesis mengunakan paired sample t-test menunjukkan nilai (Sig. 2-tailed) < 0,001. Disimpulkan bahwa adanya pengaruh yang signifikan dari model pembelajaran self directed learning terhadap kemandirian belajar matematika siswa kelas VIII SMP Islam Setia Nurul Azmi Medan. en_US
dc.publisher umsu en_US
dc.subject Kemandirian Belajar Matematika en_US
dc.subject Self Directed Learning en_US
dc.title PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SELF DIRECTED LEARNING TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP ISLAM SETIA NURUL AZMI MEDAN en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account