dc.description.abstract |
Masalah dalam penelitian ini ialah rendahnya hasil belajar siswa kelas VIII SMP
Islam Al-Fadhli Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model
pembelajaran PJBL terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran fiqih di SMP Islam
Al-Fadhli Medan, Tahun Pembelajaran 2024/2025. Penelitian ini dilakukan di SMP
Islam Al-Fadhli Medan yang beralamat Jl. Eka Bakti No. 86 LK. IV, Gedung Johor,
Kec. Medan Johor, Kota Medan, Sumatera Utara. Penelitian ini menggunakan
metode kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperiment. Adapun populasi
dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Islam Al-Fadhli yang
berjumlah 43 siswa. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan
memberikan tes berupa pre-test dan post-test. Penelitian ini dilakukan dengan
menggunakan dua kelas yakni kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil dari
penelitian ialah terdapat perbedaan nilai rata-rata antara kelas ekperimen 69, 14 dan
kelas control 56, 50, dapat dilihat bahwa nilai rata-rata pada kelas eksperimen lebih
tinggi dibanding nilai rata-rata pada kelas kontrol (69, 14 >56, 50), dengan
simpangan baku pada kelas eksperimen sebesar 21.976dan simpangan baku kelas
kontrol sebesar 12.243. Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model
pembelajaran Project Based Learning terhadap hasil belajar siswa pada mata
pelajaran fiqih kelas VIII SMP Islam Al-Fadhli Medan Tahun Pembelajaran
2024/2025. |
en_US |