Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas
lingkungan belajar terhadap performa akademik siswa pada mata pelajaran
Pendidikan Agama Islam (PAI) kelas VII di SMP Swasta Muhammadiyah
17 Desa Pon. Kualitas lingkungan belajar mencakup aspek fisik seperti
kenyamanan ruang kelas, pencahayaan, dan kebersihan, serta aspek
psikososial seperti hubungan antara guru dan siswa, interaksi antarteman,
dan suasana belajar secara keseluruhan. Penelitian ini menggunakan
pendekatan kuantitatif dengan metode survei dan teknik analisis regresi
linier sederhana. Responden dalam penelitian ini berjumlah 30 siswa kelas
VII yang dipilih secara total sampling. Instrumen penelitian berupa angket
yang telah melalui uji validitas dan reliabilitas. Hasil analisis menunjukkan
bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kualitas lingkungan
belajar terhadap performa akademik siswa. Hal ini ditunjukkan oleh nilai
signifikansi sebesar 0.000 dan nilai R square sebesar 0.868, yang berarti
86,8% variasi dalam performa akademik siswa dapat dijelaskan oleh
variabel kualitas lingkungan belajar. Dengan demikian, semakin tinggi
kualitas lingkungan belajar yang dirasakan siswa, maka semakin tinggi pula
performa akademik yang dicapai, khususnya dalam mata pelajaran PAI.
Temuan ini menegaskan pentingnya menciptakan suasana belajar yang
kondusif dan mendukung sebagai salah satu upaya dalam meningkatkan
hasil belajar siswa.