| dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh brand image dan brand
awareness terhadap keputusan pembelian konsumen Starbucks di Kota Medan,
dengan minat beli sebagai variabel intervening. Populasi penelitian adalah seluruh
konsumen Starbucks di Kota Medan. Starbucks merupakan perusahaan kopi yang
berdiri pada tahun 1971 dan berpusat di Seattle, Washington. Jaringan Starbucks
di Indonesia dioperasikan oleh PT. Mitra Adiperkasa Tbk. Starbucks Indonesia
mendapat anugerah sebagai 10 Top Brands di Indonesia pada tanggal 27
September 2012 oleh The Nielse Company and Campaign Asia Pacific’s Asia’s
(beritasatu.com, 2012). Keputusan pembelian konsumen memiliki peran krusial
dalam menghubungkan pengaruh antara minat beli dengan berbagai faktor
eksternal dan internal yang mempengaruhi proses pengambilan keputusan
konsumen dalam melakukan pembelian. Menurut (Arianty et al., 2016). Sampel
diambil menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah 100 responden
yang memenuhi kriteria telah melakukan pembelian produk Starbucks lebih dari
satu kali. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan secara online dan
dianalisis menggunakan metode analisis jalur (Path Analysis) dengan software
Smart PLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa brand image dan brand
awareness secara langsung dan signifikan memengaruhi minat beli. Selain itu,
minat beli juga terbukti memiliki pengaruh langsung dan signifikan terhadap
keputusan pembelian. Hasil analisis jalur menunjukkan bahwa brand image dan
brand awareness tidak memiliki pengaruh langsung yang signifikan terhadap
keputusan pembelian. Secara keseluruhan, temuan ini menyimpulkan bahwa
minat beli memainkan peran krusial sebagai jembatan yang menghubungkan
pengaruh citra merek dan kesadaran merek terhadap keputusan pembelian
konsumen. Implikasi manajerial dari penelitian ini adalah pentingnya bagi
Starbucks untuk terus memperkuat citra merek dan meningkatkan kesadaran
merek melalui strategi pemasaran yang efektif guna menumbuhkan minat beli
konsumen, yang pada akhirnya akan meningkatkan angka penjualan. |
en_US |