Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh interaksi guru
terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 2 Bandar,
menganalisis pengaruh komunikasi guru terhadap motivasi belajar siswa pada mata
pelajaran PAI di SMP Negeri 2 Bandar, dan menganalisis pengaruh interaksi dan
komunikasi guru secara bersama-sama terhadap motivasi belajar siswa pada mata
pelajaran PAI di SMP Negeri 2 Bandar. Penelitian ini dilaksanakan di kelas XI SMP
Negeri 2 Bandar yang berjumlah 48 orang. Penelitian ini merupakan penelitian
kuantitatif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif
korelasional. Dari hasil penelitian diperoleh terdapat pengaruh interaksi guru terhadap
motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI. Hal ini dapat dilihat dari hasil
analisis uji-t yang menunjukkan bahwa nilai signifikansi senilai 0,000. Dan terdapat
pengaruh komunikasi guru terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI.
Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis uji-t yang menunjukkan bahwa nilai signifikan
sebesar 0,039. Sedangkan dilihat dari hasil analisis uji-F yang menunjukkan bahwa
nilai Fhitung sebesar 15,789 dan sig = 0,000. Maka dari hasil pengujian diperoleh
Fhitung (15,789) > Ftabel (3,19) dan sig 0,000 < 0,05 artinya variabel independen
secara simultan (bersama-sama) berpengaruh signifikan terhadap variabel dependen.
Sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel interaksi dan komunikasi guru secara
simultan berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa IX SMP Negeri 2 Bandar.