Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Strategi yang digunakan oleh
Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) Dalam Mengintegrasikan Nilai-Nilai
Keislaman Pada Kurikulum Merdeka Di SMP Negeri 3 Tanjung Beringin, serta
mengidentifikasi tantangan yang dihadapi dalam proses integrasi. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field
research) yang bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui
observasi, wawancara dengan Guru PAI, Siswa dan Kepala Sekolah serta
dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui tahapan pengumpulan data, reduksi
data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi, dengan menggunakan
teknik triangulasi untuk memastikan keabsahan data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Guru Pendidikan Agama Islam di
SMP Negeri 3 Tanjung Beringin telah menerapkan sejumlah strategi dalam
mengintegrasikan nilai-nilai keislaman pada kurikulum merdeka, yang mencakup
perencanaan pembelajaran, strategi pelaksanaan integrasi nilai keislaman,
pemanfaatan media dan metode serta evaluasi pembelajaran. Adapun tantangan
yang muncul yang dihadapi Guru Pendidikan Agama Islam dalam proses integrasi
nilai keislaman, yaitu perbedaan latar belakang siswa, keterbatasan waktu
pembelajaran Pendidikan Agama Islam, kurangnya pelatihan khusus bagi guru,
minimnya koordinasi lintas mata pelajaran serta lingkungan keluarga dan pergaulan
siswa yang kurang mendukung. Solusi yang diterapkan mencakup pembiasaan
kegiatan keagamaan secara rutin, penyusunan modul ajar yang fleksibel,
optimalisasi pembelajaran berbasis proyek, pengembangan kompetensi guru serta
menjalin komunikasi dengan orang tua siswa.