Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif
berbasis web dengan menggunakan pendekatan kontekstual pada materi
Aritmetika Sosial untuk kelas VII SMP YAPIM Mabar. Penelitian ini merupakan
jenis
penelitian dan pengembangan (Resesrch and Development) yang
mengadaptasi model pengembangan 4-D (Define, Design, Develop, and
Disseminate), namun dibatasi hingga tahap ketiga (Develop). Media
dikembangkan menggunakan platfrom google sites dan dilengkapi dengan tujuan
pembelajaran, E-Modul, video pembelajaran, serta LKPD yang disusun
berdasarkan pendekatan kontekstual agar materi lebih mudah dipahami dan
relevan dengan kehidupan sehari-hari siswa. Hasil validasi menunjukkan bahwa
media pembelajaran ini sangat layak untuk digunakan. Penilaian dari ahli media
memperoleh skor rata-rata sebesar 87,6% dan dari ahli materi sebesar 87,3%,
keduanya berada pada kategori “Sangat Layak”. Uji coba terhadap 22 siswa
kelas VII menunjukkan bahwa media yang dikembangkan memperoleh respon
sangat positif dengan skor rata-rata sebesar 88%, yang tergolong dalam kategori
“Sangat Menarik”. Dengan demikian, media pembelajaran interaktif berbasis
web dengan pendekatan kontekstual ini layak digunakan sebagai alternatif
pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi Aritmetika
Sosial.