Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan layanan bimbingan
kelompok dengan teknik psikodrama untuk meningkatkan self efficacy siswa di
kelas VIII SMP Swasta Sinar Husni Tahun Ajaran 2024-2025. Penelitian ini
menggunakan metode one group pretest-posttest design. Populasi penelitian
berjumlah 63 siswa dengan penentuan sampel menggunakan purposive sampling
yakni 6 orang siswa kelas VIII-1 dan 6 orang siswa kelas VIII-2 sesuai dengan
karakteristik sampel yang telah ditentukan. Instrumen yang digunakan dalam
penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dan kusioner skala self efficacy.
Pengujian hipotesis menggunakan uji Wilcoxon dengan aplikasi SPSS 30.
Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa angka probabilitas Asymp. Sig (2
tailed) tingkat self efficacy siswa sebesar 0,02 atau probabilitas di bawah alpha 0,05
(0,02 < 0,05) maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan penolakan Ho tersebut,
maka penelitian ini dapat dikatakan Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik
Psikodrama Efektif Untuk Meningkatkan Self efficacy Siswa Kelas VIII SMP
Swasta Sinar Husni Tahun Ajaran 2024-2025.