Research Repository

Analisis Pengaruh Kecepatan Udara Terhadap Kinerja NACA 0018

Show simple item record

dc.date.accessioned 2025-09-18T12:41:04Z
dc.date.available 2025-09-18T12:41:04Z
dc.date.issued 2025-08-20
dc.identifier.uri http://localhost:8080/handle/123456789/28521
dc.description.abstract Diantara sumber energi yang belum di manfaatkan secara luas adalah energi angin. Energi angin dapat dimanfaatkan menjadi energi listrik dengan cara mengonversikan angin ke turbin angin. Pembuatan turbin angin didasarkan pada desain airfoil. Airfoil NACA 0018 merupakan salah satu jenis airfoil simetris yang sering digunakan dalam berbagai aplikasi aerodinamis, seperti sayap pesawat terbang dan baling-baling turbin angin. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh kecepatan udara terhadap coefficient lift dan coefficient drag yang dihasilkan NACA 0018 pada sudut serang 0°, 15°, 25°, dan 35° dengan variasi kecepatan udara 2 m/s, 4 m/s, 5 m/s, 6 m/s, dan 8 m/s dengan menggunakan metode experimental pada terowongan angin. Dari hasil experiment ini dapat diketahui adanya pengaruh kecepatan udara terhadap sudut serang. Pada penelitian ini di dapatkan hasil experiment pada sudut serang 15° airfoil mengalami peningkatan yang signifikan perbandingan coefficient lift/coefficient drag cendrung meningkat seiring dengan peningkatan sudut serang hingga mencapai titik puncak, kemudian menurun setelah melewati sudut serang optimal dapat dilihat pada kecepatan 6 m/s perbandingan Cl/Cd mencapai nilai tertinggi pada sudut serang 15° dengan nilai 2,411 menunjukkan efisiensi aerodinamis yang optimal pada titik tersebut. en_US
dc.publisher UMSU en_US
dc.subject Airfoil NACA 0018 en_US
dc.subject energi angin en_US
dc.subject sudut serang en_US
dc.subject coefficient lift/drag en_US
dc.title Analisis Pengaruh Kecepatan Udara Terhadap Kinerja NACA 0018 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account