Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pendekatan pembelajaran, faktor
faktor yang mempengaruhi dan mengintegrasikan kearifan lokal dalam
pembelajaran akidah akhlak. Metode penelitian yang digunakan penelitian
kualitatif deskriptif. Pendekatan pembelajaran akidah akhlak yang digunakan yaitu
Dengan melaksanakan program dan kebijakan sekolah, metode ceramah dengan
pendekatan kontekstual, integrasi nilai gotong royong, penerapan nilai sopan santun
lokal dan penggunaan cerita rakyat. Adapun faktor yang mempengaruhi efektifitas
pendekatan pembelajaran akidah akhlak ada dua faktor yaitu faktor internal dan
faktor eksternal. Faktor internal berupa kepemimpinan kepala sekolah, kompetensi
pedagogik guru dan motivasi belajar siswa. Sedangkan faktor eksternal yaitu berupa
dukungan masyarakat dan keterbatasan sumber daya. Mengintegrasikan kearifan
lokal pembelajaran akidah akhlak secara efektif dengan cara pendekatan
kontekstual dan experintial berupa menghubungkan materi akidah akhlak dengan
praktik budaya lokal, menggunakan contoh nyata dari kehidupan masyarakat
setempat dan memanfaatkan pengalaman cerita dari lingkungan siswa
Penelitian ini menyimpulkan bahwa pendekatan pembelajaran akidah
akhlak berbasis kearifan lokal terbukti efektif meningkatkan pemahaman dan
pengalaman nilai-nilai akhlak siswa. Pembelajaran menjadi lebih kontekstual,
menarik dan bermakna karena siswa dpaai mengaitkan nilai-nilai akhlak dengan
tradisi lokal.