Abstract:
Latar Belakang : Visum et repertum merupakan istilah dalam dunia kedokteran
forensik yang merujuk pada laporan tertulis hasil pemeriksaan dokter terhadap
tubuh manusia, baik yang masih hidup maupun yang sudah meninggal, untuk
kepentingan penegakan hukum. Kekerasan terhadap anak di sekolah menengah
atas adalah isu serius yang dapat berdampak pada kesejahteraan fisik, emosional,
dan psikologis siswa. Pengetahuan tentang Visum et Repertum juga relevan bagi
salah satunya pada siswa-siswa remaja terutama yang sudah dibangku sekolah
SMA. Mengenalkan konsep VeR kepada siswa SMA juga bisa meningkatkan
kesadaran mereka akan pentingnya keadilan dan integritas dalam masyarakat.
Tujuan : Untuk mengetahui hubungan pengetahuan tentang visum et repertum
dengan tingkat pendidikan dikalangan siswa SMA Al-Azhara Medan Johor.
Metode : pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode deskriptif
analitik cross-sectional. Hasil : Hasil Penelitian adalah ditemukan hubungan
antara tingkat pendidikan dan tingkat pengetahuan mengenai visum et repertum
dengan nilai p : 0,000 dan ditemukan hubungan antara usia dan tingkat
pengetahuan mengenai viusm et reprtum dengan nila p: 0,005. Kesimpulan :
Terdepat hubungan antara usia dan tingkat pendidikan dengan tingkat
pengetahuan mengenai visum et repertum.