Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi praktik pembiasaan
sedekah yang diterapkan di SMP Muhammadiyah 57 Medan serta menganalisis
dampaknya terhadap pembentukan karakter sosial siswa. Latar belakang
penelitian ini didasari oleh pentingnya pendidikan karakter dalam membentuk
peserta didik yang tidak hanya cerdas secara akademik, tetapi juga memiliki
kepedulian dan empati terhadap sesama. Penelitian ini menggunakan pendekatan
kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan
melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa program pembiasaan sedekah dilakukan secara rutin
melalui kegiatan Jumat Sedekah, yang melibatkan siswa, guru, dan pihak sekolah.
Program ini tidak hanya membiasakan siswa untuk berbagi, tetapi juga
menumbuhkan sikap peduli, empati, tanggung jawab sosial, dan solidaritas di
kalangan siswa. Pembiasaan sedekah terbukti menjadi salah satu strategi efektif
dalam menanamkan nilai-nilai karakter sosial secara kontekstual dan
berkelanjutan. Penelitian ini merekomendasikan agar kegiatan serupa terus
dilaksanakan dan dikembangkan dengan melibatkan partisipasi aktif orang tua
dan masyarakat.