Abstract:
Penelitian ini ingin memahami penggunaan media pembelajaran interaktif
dapat membantu meningkatkan kemampuan siswa dalam pembelajaran PAI di
SMP Al-Washliyah 31 Medan. Hal ini dilakukan dengan mengamati dan
menganalisis penggunaan media tersebut dalam pembelajaran sehingga
memengaruhi tingkat kreativitas siswa. Masalah utama dalam penelitian ini yaitu
kurangnya pemahaman siswa terhadap materi yang disampaikan guru dan media
yang digunakan hanya berupa buku paket. Hal ini dapat disebabkan oleh berbagai
faktor, salah satunya kurangnya media yang menarik.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif, yang bertujuan
untuk mendeskripsikan penggunaan media pembelajaran nteraktif dalam
meningkatkan kemampuan siswa pada mata pelajaran PAI. Data dikumpulkan
melalui observasi, wawancara, dan studi dokumen. Penelitian ini dilakukan di
SMP Al-Washliyah 31 Medan
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Media interaktif dapat
meningkatkan kemampuan kognitif siswa melalui tampilan visualisasi gambar,
animasi, audio, dan video. Siswa merasa senang, tidak adanya kebosanan dan
semua siswa fokus dengan media dan materi yang diberikan guru.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa
penggunaan media Powerpoint dalam mata pelajaran PAI dapat meningkatkan
hasil belajar siswa SMP Al-Washliyah 31 Medan. Hal ini ditunjukkan dengan
perolehan rata-rata nilai siswa di atas KKM.