Research Repository

HUBUNGAN FREKUENSI DAN LAMA WAKTU BERMAIN GAME ONLINE TERHADAP TERJADINYA GEJALA CARPAL TUNNEL SYNDROME PADA KOMUNITAS GAME ONLINE DI KOTA MEDAN

Show simple item record

dc.contributor.author SARI, RIA WILAN PERMATA
dc.date.accessioned 2025-09-17T02:50:14Z
dc.date.available 2025-09-17T02:50:14Z
dc.date.issued 2025-02-27
dc.identifier.uri http://localhost:8080/handle/123456789/28445
dc.description.abstract Pendahuluan: Game online adalah permainan yang dimainkan oleh anak-anak dan remaja secara online atau melalui jaringan serupa. Pemain dapat berinteraksi dengan pemain lain dalam dunia virtual. Ketika bermain game online terus menerus, dapat membuat intensitas bermain game online mengalami peningkatan. Saat memainkan game online, terjadi pergerakan yang terus menerus pada pergelangan tangan dan itu terjadi berulang-ulang sehingga menyebabkan terjadinya carpal tunnel syndrome. Tujuan: Mengetahui hubungan antara frekuensi dan lama waktu bermain game online terhadap terjadinya gejala Carpal Tunnel Syndrome pada Komunitas Game Online di Kota Medan. Metode: Penelitian ini menggunakan penelitian analitik dengan pendekatan kuantitatif. Responden terdiri dari 120 orang yang berada pada Komunitas Game Online di Kota Medan dan diambil dengan metode purposive sampling. Dan memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi. Analisis hubungan antara dua variabel menggunakan uji chi-square. Hasil: Hasil penelitian dijumpai adanya hubungan yang signifikan antara frekuensi bermain game online dengan terjadinya gejala Carpal Tunnel Syndrome (p=0,041), dan dijumpai hubungan yang signifikan antara lama waktu bermain game online dengan terjadinya gejala Carpal Tunnel Syndrome (p=0,000). Kesimpulan: Ketika seseorang memainkan game online dengan frekuensi yang sering serta waktu yang lama akan menyebabkan terjadinya gejala Carpal Tunnel Syndrome pada Komunitas Game Online Medan. en_US
dc.subject game online en_US
dc.subject frekuensi en_US
dc.subject lama waktu en_US
dc.subject Carpal Tunnel Syndrome en_US
dc.title HUBUNGAN FREKUENSI DAN LAMA WAKTU BERMAIN GAME ONLINE TERHADAP TERJADINYA GEJALA CARPAL TUNNEL SYNDROME PADA KOMUNITAS GAME ONLINE DI KOTA MEDAN en_US
dc.title.alternative RIA WILAN PERMATA SARI en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account