Research Repository

PERSEPSI MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SUMATERA UTARA TERHADAP INTERPROFESSIONAL EDUCATION (IPE) BERBASIS MASYARAKAT DAN DISKUSI TUTORIAL

Show simple item record

dc.contributor.author Saputri, Hera Octavia
dc.date.accessioned 2025-09-16T03:45:50Z
dc.date.available 2025-09-16T03:45:50Z
dc.date.issued 2025-08-11
dc.identifier.uri http://localhost:8080/handle/123456789/28423
dc.description.abstract Pendahuluan: Interprofessional Education (IPE) merupakan pendekatan pembelajaran kolaboratif antar profesi kesehatan yang bertujuan meningkatkan mutu pelayanan kesehatan melalui kerja sama tim multidisiplin. Implementasi IPE di Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (FK UMSU) saat ini dilakukan melalui dua metode, yakni berbasis masyarakat dan diskusi tutorial. Namun, belum tersedia data yang menggambarkan persepsi mahasiswa terhadap kedua model pembelajaran tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa FK UMSU terhadap pelaksanaan IPE berbasis masyarakat dan diskusi tutorial, serta menganalisis perbedaannya. Metode: Penelitian ini merupakan studi deskriptif kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Sampel penelitian berjumlah 144 mahasiswa preklinik FK UMSU, terdiri dari angkatan 2021 dan 2023, yang dipilih menggunakan teknik stratified random sampling. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner Interdisciplinary Education Perception Scale (IEPS) yang dimodifikasi. Data dianalisis menggunakan uji Mann Whitney untuk mengetahui perbedaan persepsi mahasiswa terhadap kedua metode pembelajaran. Hasil: penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar mahasiswa memiliki persepsi kategori sedang terhadap IPE, baik berbasis masyarakat maupun diskusi tutorial. Persepsi komponen kompetensi dan otonomi, kebutuhan bekerja sama, serta persepsi tentang bekerja sama yang sesungguhnya memiliki rerata nilai yang relatif serupa. Uji Mann Whitney menunjukkan tidak terdapat perbedaan signifikan persepsi mahasiswa terhadap kedua metode IPE dengan nilai p=0,562. Kesimpulan: Hasil ini mengindikasikan bahwa kedua metode pembelajaran memberikan pengalaman kolaboratif yang sebanding bagi mahasiswa, artinya perlu paparan dan pengalaman yang setara agar menjadi pengalaman belajar yang bermakna. en_US
dc.subject Interprofessional Education en_US
dc.subject Persepsi Mahasiswa en_US
dc.subject Diskusi Tutorial en_US
dc.subject Masyarakat en_US
dc.title PERSEPSI MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SUMATERA UTARA TERHADAP INTERPROFESSIONAL EDUCATION (IPE) BERBASIS MASYARAKAT DAN DISKUSI TUTORIAL en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account