Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh green product,
green place, dan green price terhadap keputusan pembelian produk sepeda listrik
di Kota Medan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan
asosiatif dan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat Kota
Medan yang menggunakan sepeda listrik, dengan jumlah sampel sebanyak 100
responden. Instrumen penelitian berbentuk kuesioner dengan skala Likert 5 poin.
Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, studi dokumentasi, dan
penyebaran kuesioner. Analisis data menggunakan metode Partial Least Square
Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa
green product berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, green place
berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, green price berpengaruh
signifikan terhadap keputusan pembelian Secara simultan, ketiga variabel (green
product, green place, dan green price) berpengaruh signifikan terhadap keputusan
pembelian produk sepeda listrik di Kota Medan. Dengan demikian, ketiga variabel
(green product, green place, dan green price) dapat menjadi faktor penting dalam
meningkatkan keputusan pembelian konsumen terhadap produk ramah lingkungan
seperti sepeda listrik.