Abstract:
Kemajuan teknologi telah berkembang pesat diberbagai sektor, termasuk sektor
pendidikan. Salah satu bentuk penerapannya adalah penggunaan teknologi
computer untuk mendukung pembuatan media pembelajaran. Penelitian bertujuan
untuk mengembangkan sebuah LKPD ke dalam bentuk Internet atau elektronik
dengan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) khususnya pada
materi Statistika kelas VIII SMP, yang memiliki validitas dan efektivitas tinggi,
serta untuk menilai kelayakan dan tanggapan siswa terhadap E-LKPD tersebut.
Model pengembangan yaitu 4-D (Difine, Design, Develop, Disseminate) yaitu,
Pendefinisian, Perancangan, Pengembangan, dan Penyebarluasan. Penelitian ini
melibatkan 15 siswa kelas VIII-2 SMP Muhammadiyah 02 Medan sebagai subjek.
Instrument penelitian terdiri dari angket penilaian oleh ahli materi, ahli media, dan
angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa E-LKPD terintegrasi
Realistic Mathematic Education (RME) yang dikembangkan memperoleh penilaian
dalam penelitian: 1) Peneliti telah mengembangkan E-LKPD Terintegrasi Realistic
Mathematic Education (RME) dengan materi Statistika; 2)Hasil penilaian dari
validator ahli media sebesar 93% dengan kriteria sangat vali; 3) Presentase
penilaian dari ahli mtaeri sebesar 87% dengan kriteria sangat bagus atau sangat
valid; 4)Sedangkan menurut respon siswa memperoleh skor rata-rata sebesar 86%
dengan kriteria sangat menarik, maka produk E-LKPD yang dikembangkan valid
dan layak digunakan sebagai bahan ajar dalam pembelajaran matematika.