Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh Gerakan Boikot McDonald’s
terhadap Keputusan Pembelian dimediasi oleh Minat Beli Konsumen. Jenis
penelitian ini menggunakan survey. Penelitian ini menggunakan pendekatan
penelitian eksplanatori. Jumlah responden dari penelitian ini sebanyak 271. teknik
penggumpulan data yang peneliti digunakan yaitu dengan kuesioner. Teknik
analisis data penelitian ini menggunakan analisis statistik yakni structural
equestion model-partial least square (SEM-PLS) yang bertujuan untuk melakukan
analisis jalur (path) dengan variabel laten. Hasil dari penelitian ini menunjukkan
beberapa hasil, yaitu (1) pengaruh boikot (X) terhadap keputusan pembelian (Y)
menunjukkan hasil tidak signifikan, (2) Pengaruh boikot (X) terhadap minat beli
konsumen (Z) menunjukkan bahwa Boikot (B) berpengaruh secara signifikan
negatif terhadap Minat Beli Konsumen (MBK), (3) Pengaruh minat beli
konsumen (Z) terhadap keputusan pembelian (Y) menunjukkan hasil yang sangat
kuat dan signifikan. Penelitian ini dapat diharapkan untuk meningkatkan
transparansi komunikasi serta keterlibatan sosial yang positif di masyarakat.
mengingat bahwa Minat Beli Konsumen terbukti berpengaruh signifikan terhadap
Keputusan Pembelian, perusahaan disarankan untuk memfokuskan strategi
pemasaran pada upaya peningkatan minat beli, perusahaan juga sebaiknya
memperkuat strategi pemasaran yang menonjolkan nilai-nilai lokal dan kebijakan
keberlanjutan yang relevan dengan ekspektasi konsumen, dan untuk peneliti
selanjutnya disarankan untuk memperluas cakupan penelitian dengan
mempertimbangkan faktor-faktor lain seperti loyalitas merek, persepsi kualitas
produk, maupun faktor religiusitas, guna memperoleh pemahaman yang lebih
komprehensif mengenai dampak boikot terhadap perilaku konsumen.