dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis konsep pendidikan Islam
perspektif Syeikh Taqiyuddin an Nabhani sebagaimana termuat dalam kitab
Nidzamul Islam. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode
studi tokoh, yang memfokuskan pada pemikiran pendidikan beliau, landasan
filosofis, metode, dan relevansinya dalam konteks pendidikan Islam kontemporer.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep pendidikan Islam menurut Syeikh
Taqiyuddin an Nabhani berlandaskan akidah Islam, bertujuan membentuk
kepribadian Islam, dan membekali peserta didik dengan ilmu yang relevan dengan
kehidupan. Kurikulum, metode, dan materi pembelajaran harus selaras dengan
akidah Islam tanpa adanya penyimpangan. Pemikiran ini menekankan pentingnya
integrasi antara pengembangan akal, pembinaan akhlak, dan penguatan tsaqafah
Islam, sehingga diharapkan mampu melahirkan generasi muslim yang memiliki
kepemimpinan berpikir (qiyadah fikriyah) dan pandangan hidup Islam yang utuh.
Konsep ini relevan untuk diterapkan di era modern sebagai solusi terhadap
degradasi moral dan krisis multidimensional yang dihadapi umat Islam. |
en_US |