Research Repository

Analisis Konsep Pendidikan Islam Perspektif Syeikh Taqiyuddin An Nabhani Dlam Kitab Nidzamul Islam

Show simple item record

dc.contributor.author Sudarmansyah, Armanusah Fazira
dc.date.accessioned 2025-09-12T12:24:29Z
dc.date.available 2025-09-12T12:24:29Z
dc.date.issued 2025-08-30
dc.identifier.uri http://localhost:8080/handle/123456789/28376
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis konsep pendidikan Islam perspektif Syeikh Taqiyuddin an Nabhani sebagaimana termuat dalam kitab Nidzamul Islam. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi tokoh, yang memfokuskan pada pemikiran pendidikan beliau, landasan filosofis, metode, dan relevansinya dalam konteks pendidikan Islam kontemporer. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep pendidikan Islam menurut Syeikh Taqiyuddin an Nabhani berlandaskan akidah Islam, bertujuan membentuk kepribadian Islam, dan membekali peserta didik dengan ilmu yang relevan dengan kehidupan. Kurikulum, metode, dan materi pembelajaran harus selaras dengan akidah Islam tanpa adanya penyimpangan. Pemikiran ini menekankan pentingnya integrasi antara pengembangan akal, pembinaan akhlak, dan penguatan tsaqafah Islam, sehingga diharapkan mampu melahirkan generasi muslim yang memiliki kepemimpinan berpikir (qiyadah fikriyah) dan pandangan hidup Islam yang utuh. Konsep ini relevan untuk diterapkan di era modern sebagai solusi terhadap degradasi moral dan krisis multidimensional yang dihadapi umat Islam. en_US
dc.publisher UMSU en_US
dc.subject Pendidikan Islam en_US
dc.subject Taqiyuddin an Nabhani en_US
dc.subject Nidzamul Islam en_US
dc.subject Kepribadian Islam en_US
dc.subject Kurikulum Berbasis Akidah en_US
dc.title Analisis Konsep Pendidikan Islam Perspektif Syeikh Taqiyuddin An Nabhani Dlam Kitab Nidzamul Islam en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account