Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan
keefektifan terhadap Pengembangan E-LKPD Matematika Berbasis Problem Based
Learning Berbantuan Livewoorksheet Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di
MA Muhammadiyah 1 Medan. Adapun subjek dalam penelitian adalah sekelompok
kecil dari siswa kelas XI MA Muhammadiyah 1 Medan yang berjumlah 30 orang,
dan objek dalam penelitian ini adalah bahan berupa E-LKPD Matematika Berbasis
Problem Based Learning pada pokok bahasan SPLDV. Model Pengembangan E
LKPD yang digunakan dalam penelitian ini adalah model ADDIE yang terdiri dari
analisis (analysis), perencanaan (design), pengembangan (develop), implementasi
(implementation), dan eveluasi (evaluation). E-LKPD yang telah dibuat memenuhi
kriteria kevalidan dengan menggunakan lembar validasi oleh ahli materi dan ahli
media. Hasil validasi mate l
ri mempe l
role l
h skor rata-rata yaitu 3,35 dan pe l
rse l
ntase l
ri yaitu 83,75℅ dan hasil validasi me l
dia mempe l
role l
h skor yaitu
validan mate l
ntase l
rse l
3,76 dan pe l
lembar angke l
validan me l
ke l
dia yaitu 94,23℅. Adapun hasil uji ke l
praktisan
E-LKPD dapat dilihat dari hasil le l
mbar angke l
t re l
spon pe l
se l
rta didik. Dari hasil
rta didik di ke l
las XI MA Muhammadiyah 1 Medan yang
se l
spon pe l
t re l
be l
rjumlah 30 orang pe l
se l
rta didik diperoleh nilai ke l
se l
luruhan angke l
t yaitu 88,95℅.
fe l
e l
Uji ke l
ktifan E-LKPD dapat dilihat dari (1) ke l
tuntasan be l
lajar siswa se l
cara
klasikal yaitu minimal 85% siswa yang me l
ngikuti pe l
mbe l
lajaran mampu me l
ncapai
skor minimal 75,(2) ke l
te l
rcapaian tujuan pe l
mbe l
lajaran 75%, dan (3) waktu
mbe l
pe l
lajaran. Diperoleh data ke l
tuntasan be l
lajar siswa se l
cara klasikal dari hasil
mampuan be l
ke l
rpikir kritis mencapai 100%, ke l
te l
rcapaian tujuan pe l
mbe l
lajaran
ngan krite l
rcapai de l
te l
rbe l
pe l
ria >75 % dari skor maksimum tiap butir, dan tidak te l
rdapat
daan antara pe l
ncapaian waktu pe l
mbe l
lajaran. E-LKPD berbasis problem
based learning untuk hasil tels kelmampuan pemecahan masalah dalam
meningkatkan hasil belajar siswa me l
ningkat yaitu 17 orang me l
mpe l
role l
h hasil
krite l
ria tinggi (g > 0,7) dan 13 orang siswa me l
mpe l
role l
h hasil krite l
ria se l
dang (g <
rdasarkan pe l
0,7). Be l
me l
rhitungan N-Gain dapat dikatakan bahwa pe l
nggunaan E
LKPD berbasis problem based learning “Sangat EL
fe l
ktif” digunakan untuk
ningkatkan ke l
mampuan be l
rpikir kritis siswa XI MA Muhammadiyah 1 Medan.