dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran pentas seni sebagai sarana
dalam pembentukan karakter akhlakul karimah siswa di SMA Swasta Utama
Medan. Pembentukan karakter merupakan aspek penting dalam dunia pendidikan,
terutama dalam membangun generasi yang tidak hanya cerdas secara intelektual,
tetapi juga unggul secara moral. Pentas seni sebagai bagian dari kegiatan
ekstrakurikuler dinilai mampu menjadi media yang efektif dalam menanamkan
nilai-nilai karakter, seperti tanggung jawab, disiplin, kerja sama, serta menghargai
perbedaan.
Pendidikan karakter menjadi bagian integral dalam sistem pendidikan
nasional yang bertujuan untuk membentuk generasi muda yang tidak hanya
unggul dalam pengetahuan dan keterampilan, tetapi juga memiliki akhlak yang
mulia. Dalam konteks tersebut, sekolah memiliki peran strategis dalam
mengintegrasikan nilai-nilai karakter ke dalam berbagai aspek kegiatan
pembelajaran, baik intrakurikuler maupun ekstrakurikuler. Salah satu bentuk
kegiatan ekstrakurikuler yang dinilai mampu mendukung pembentukan karakter
siswa adalah pentas seni. Pentas seni tidak hanya menjadi wadah untuk
menyalurkan minat dan bakat siswa di bidang seni, tetapi juga dapat dijadikan
sebagai sarana pembelajaran nilai-nilai moral dan sosial yang berakar pada
akhlakul karimah.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif.
Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dengan guru pembina seni dan
siswa, serta dokumentasi kegiatan pentas seni di sekolah. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa keterlibatan siswa dalam pentas seni tidak hanya
meningkatkan kreativitas dan rasa percaya diri, tetapi juga membentuk sikap
positif yang mencerminkan akhlakul karimah, seperti kejujuran, kesopanan, dan
toleransi. Nilai-nilai tersebut tumbuh melalui proses kolaboratif, latihan yang
konsisten, serta bimbingan dari para pembina. Dengan demikian, pentas seni dapat
dijadikan sebagai salah satu strategi pendidikan karakter yang relevan dan
kontekstual di lingkungan sekolah. Disarankan agar pihak sekolah terus
mengembangkan program seni yang terarah dan bernilai edukatif sebagai upaya
membentuk kepribadian siswa yang berakhlak mulia. |
en_US |