Abstract:
Penelitian ini dilaksanakan pada tahun 2025 di Kelurahan Kebun Lada, Kecamatan Binjai Utara, Kota Binjai. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi faktor internal dan eksternal serta merumuskan strategi pemasaran efektif menggunakan metode deskriptif dan analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa usaha pembibitan Durian
Musang King di Kelurahan Kebun Lada memiliki kekuatan berupa modal, luas
lahan, dan keahlian. Kelemahannya meliputi manajemen usaha, kurangnya
promosi, dan belum ada legalitas. Peluang yang ada adalah permintaan permintaan
pasar, peluang kemitraan, dan dukungan pemerintah, namun dihadapkan pada
ancaman seperti persaingan ketat, fluktuasi harga, dan perubahan iklim.
Berdasarkan analisis SWOT, usaha ini berada pada Kuadran II (strategi
diversifikasi), dengan skor IFE 2,52 dan EFE 2,39. Selisih positif pada faktor
internal menunjukkan kekuatan lebih dominan, sementara selisih negatif pada
faktor eksternal menunjukkan ancaman lebih besar dari peluang. Strategi yang
disarankan adalah strategi ST dengan memanfaatkan kekuatan untuk menghadapi
ancaman.