Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk media pembelajaran KOMAT
(komik matematika) berbasis problem based leaning yang valid, praktis, dan efektif
dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa SMP.
penelitian ini menggunakan prosedur pengembangan R&D (Research and
Development) dengan metode 4D yang terdiri dari empat tahapan yaitu: Define
(Pendefenisian),
Design (Perancangan), Development (Pengembangan),
Disseminate (Penyebaran). Subjek dalam penelitian adalah 30 siswa kelas IX SMP
Negeri 1 Pulau Rakyat, dengan objek penelitian berupa media pembelajaran
KOMAT (Komik Matematika) berbasis Problem Based Learning pada materi
peluang untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa. Hasil
penelitian ini menunjukan bahwa media komat ( komik matematika) yang
dikembangkan memenuhi kategori sangat valid oleh ahli materi dengan nilai
presentase 95 %, dari ahli media dengan nilai presentase 97 % dengan kategori
sangat valid , dan dari ahli bahasa dengan nilai presentase 93% dengan kategori
sangat valid, serta dari hasil uji coba pada kelas IX melalui pre-test sebelum
menggunakan media KOMAT ( Komik Matemtika) dengn nilai presentase 44%,
kemudian dilakukan uji coba pos-test setelah menggunakan media KOMAT
(Komik Matematika) dengan nilai presentase 88% dengan kategori tuntas. Hasil uji
coba penilaian pada kelas IX melalui angket respon peserta didik dengan nilai
presentase 94 % dengan kategori sangat efektif. Dari hasil penilai ahli materi. Ahli
media, ahli bahasa, hasil pos-test, dan respon peserta didik, maka media
pembelajaran KOMAT (Komik Matematika) yang dikembangkan valid dan efektif
digunakan sebagai media pembelajaran oleh peserta didik.