Research Repository

ANALISIS SENTIMEN GAME GENSHIN IMPACT UNTUK MENGETAHUI REAKSI DAN HARAPAN PEMAIN MENGGUNAKAN METODE NAIVE BAYES

Show simple item record

dc.contributor.author Bisono, Arif Tri
dc.date.accessioned 2025-09-09T04:04:08Z
dc.date.available 2025-09-09T04:04:08Z
dc.date.issued 2025-07-23
dc.identifier.uri http://localhost:8080/handle/123456789/28288
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sentimen komentar pengguna terhadap game Genshin Impact yang diambil dari tiga video resmi di kanal YouTube berdasarkan tiga aspek: Game, Event, dan Karakter. Komentar-komentar tersebut diklasifikasikan menjadi dua kategori sentimen, yaitu positif dan negatif, dengan menggunakan algoritma Multinomial Naïve Bayes. Proses pengolahan data mencakup web scraping, pelabelan otomatis dengan VADER Sentiment Analysis, pra-pemrosesan teks (case folding, cleansing, tokenizing, stopword removal, lemmatizing), serta pembobotan menggunakan metode TF-IDF. Untuk mengatasi ketidakseimbangan data, digunakan metode SMOTE agar distribusi sentimen lebih merata. Model kemudian dievaluasi menggunakan metrik akurasi, precision, recall, dan f1-score. Hasil menunjukkan bahwa aspek Event memiliki performa terbaik dengan akurasi sebesar 88% dan f1-score sebesar 93%. Sedangkan aspek Game dan Karakter masing-masing memperoleh akurasi 78% dan 76%. Temuan ini menunjukkan bahwa algoritma Naïve Bayes efektif digunakan dalam mengklasifikasikan sentimen komentar pengguna YouTube terhadap konten game. Visualisasi seperti wordcloud dan pie chart turut mendukung interpretasi terhadap distribusi sentimen dan kata kunci dominan dari tiap aspek. en_US
dc.publisher umsu en_US
dc.subject Analisis Sentimen en_US
dc.subject Genshin Impact en_US
dc.title ANALISIS SENTIMEN GAME GENSHIN IMPACT UNTUK MENGETAHUI REAKSI DAN HARAPAN PEMAIN MENGGUNAKAN METODE NAIVE BAYES en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account