Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media canva terhadap
minat belajar siswa di smk negeri 6 medan. Penelitian ini menggunakan pendekatan
kuantitatif deskriptif karena objek yang akan teliti diwujudkan dalam bentuk angka
dan analisis berdasarkan analisis statistik. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 72
orang siswa Smk Negeri 6 Medan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat
pengaruh media canva terhadap minat belajar siswa di smk negeri 6 medan, hal
tersebut dapat ditunjukan dari diperolehnya nilai Fhitung 66,810 dengan tingkat
signifikan sebesar 0’000 < 0,005. Maka dapat dikatakan bahwa adanya pengaruh
variabel Media Canva (X) dengan variabel Minat Belajar (Y). Sedangkan dari hasil
uji koefisien determinasi diperoleh dari pengolahan data tersebut bahwa, nilai
koefisien (R Square) sebesar 0,488 atau 48,8% dipengaruhi oleh minat belajar
siswa dan signifikan terhadap media canva, sedangkan sisanya 51,2% dipengaruhi
oleh variabel lain yang tidak diteliti