Abstract:
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengembangkan modul yang berlandaskan pada
pendekatan RME pada topik peluang. Penilaian produk pengembangan dievaluasi berdasarkan
kevalidannya, kepraktisan dan kelayakan. Prosedur pengembangan modul didasarkan pada
model 4-D, yaitu tahap pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan
(develop), serta penyebaran (disseminate). Subjek yang terlibat pada riset ini adalah murid
kelas VIII di SMP Swasta Mulia Hamparan Perak. Instrumen (alat ukur) yang di pakai dalam
mengembangkan modul yaitu modul yang telah di evaluasi oleh para pakar, tes hasil belajar
(evaluasi) guna mengetahui tingkat kelayakan modul hasil pengembangan yang diperuntukkan
untuk dipakai murid dan aspek kepraktisan dinilai berdasarkan lembar angket respon siswa.
Modul yang telah disusun memenuhi kriteria validitas sesuai dengan penilaian para validator,
yang ditunjukkan melalui penggunaan lembar validasi dari pakar materi dan pakar media
memperoleh 88,23% dengan kategori sangat valid dan hasil validasi ahli materi mencapai skor
85,6% dengan kategori sangat valid. aspek kepraktisan memperoleh persentase nilai
keseluruhan angket yaitu 88,3% dan tes hasil belajar jika dipresentasikan memperoleh 95%
siswa yang mencapai ketuntasan menandakan bahwa modul ini layak dipakai oleh murid pada
topik peluang.