Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana variabel-variabel
terkait dengan Current Ratio, Net Profit Margin, dan Debt to Asset Ratio
mempengaruhi Return Saham pada perusahaan sektor barang konsumen yang
terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Jenis Penelitian ini adalah kuantitatif
dengan pendekatan asosiatif. Sampel penelitian ini berjumlah 15 yang merupakan
perusahaan yang dipilih sesuai kriteria. Teknik yang digunakan ialah
pengumpulan data sekunder dan analisis data menggunakan pendekatan deskriptif
kuantitatif. Pengolahan data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan
aplikasi Statistical Product and Service Solutions (SPSS). Hasil pada penelitian ini
menunjukkan nilai hitung untuk variabel Current Ratio adalah sebesar 0.776
dimana itu lebih < dari nilai tabel 1.666 dan nilai signifikan Current Ratio sebesar
0.440 > 0.05 yang artinya dari hasil ini dapat ditarik sebuah kesimpulan bahwa Ho
diterima dan Ha ditolak. berdasarkan hasil dapat disimpulkan bahwa Current
Ratio dan Debt To Assets Ration berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap
Return Saham, sementara itu Net Profit Margin berpengaruh positif terhadap
Return saham. Lalu, secara parsial Net Profit Margin menunjukkan pengaruh
yang signifikan, namun pengaruh Current Ratio dan Debt to Assets Ratio yang
tidak signifikan menyebabkan kontribusi ketiganya secara simultan menjadi
lemah. Temuan ini memberikan gambaran bahwa dalam menyusun strategi
investasi dan kebijakan manajerial, perusahaan tidak hanya fokus pada rasio
keuangan internal, melainkan juga perlu memperhatikan aspek eksternal dan non-
keuangan. Penelitian ini dapat diharapkan agar perusahaan perlu berhati-hati
dalam mempertahankan current ratio yang terlalu tinggi maupun rendah,
kemudian perusahaan perlu menjaga keseimbangan antara pendanaan dari utang
dan ekuitas agar tidak membebani kondisi keuangan dalam jangka panjang dan
juga perusahaan perlu menyampaikan laporan keeuangan dan informasi lainnya
secara terbuka dan tepat waktu.