Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan serta melihat seberapa besar pengaruh
Bimbingan Belajar Baca Tulis Al-Qur’an Terhadap Peningkatan Kualitas Baca Al-Qur’an
di MTsN 1 Padang Lawas Utara. Bimbingan baca tulis Al-Qur’an merupakan bagian
penting dalam Pendidikan agama islam. Keterampilan membaca dan menulis Al-Qur’an
tidak hanya penting untuk memahai teks suci, tetapi juga untuk membentuk karakter dan
akhlak yang baik. Pembelajaran baca Al-Qur’an adalah pembelajaran yang sangat
penting bagi seluruh umat islam, karena membaca Al-Qur’an adalah gerbang menuju
pengetahuan islamiah seperti akidah, ibadah, akhlak dan sebagainya. Bimbingan belajar
baca tulis Al-Qur’an diharapkan dapat menjadi Solusi untuk meningkatkan kualitas
membaca Al-Qur’an. Dengan adanya pembelajaran yang terarah dan sistematis,
diharapkan peserta didik mampu membaca Al-Qur’an dengan baik. Metode yang
digunakan dalam penelitian ini kuantitatif, dengan melakukan Teknik pengumpulan data
berupa data primer dan data sekunder. Berdasarkan penelitian peneliti menarik
Kesimpulan bahwa pengaruh bimbingan belajar baca tulis Al-Qur’an mencapai angka
31,3%. Angkat tersebut sudah sangat cukup signifikan dan positif terhadap perkembangan
kualitas baca Al-Qur’an pada anak. Sistem pembelajaran yang digunakan dengan dibantu
adanya perancangan terhadap model bimbingan belajar menjadi salah satu peran yang
berpengaruh terhadap peningkatan kualitasa belajar bimbingan belajar baca tulis Al
Qur’an.