Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh layanan bimbingan klasikal
terhadap kedisiplinan tata tertib sekolah siswa kelas VII di MTs YASPI Labuhan
Deli Tahun Ajaran 2024/2025. Latar belakang penelitian ini dilandasi oleh
rendahnya tingkat kedisiplinan siswa dalam mentaati tata tertib sekolah, seperti
datang terlambat, tidak memakai seragam sesuai aturan, makan di kelas, dan tidak
menjaga kebersihan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan
desain eksperimen pre-test post-test control group. Sampel penelitian berjumlah
30 siswa kelas VII-C yang dipilih berdasarkan rekomendasi guru BK. Teknik
pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan angket. Data
dianalisis dengan uji validitas, reliabilitas, normalitas, homogenitas, dan uji-t
menggunakan bantuan program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai
t-hitung lebih besar dari t-tabel, yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan
antara layanan bimbingan klasikal terhadap kedisiplinan tata tertib sekolah siswa.
Dengan demikian, layanan bimbingan klasikal efektif dalam meningkatkan
kesadaran dan sikap disiplin siswa dalam menjalankan aturan sekolah.