Abstract:
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui budaya sekolah di SD Negeri
157017 Pinangsori 11 Kabupaten Tapanuli Tengah, strategi kepala sekolah dalam
pengembangan budaya sekolah siswa di SD Negeri 157017 Pinangsori 11
Kabupaten Tapanuli Tengah, dan kendala yang ditemukan dalam pengembangan
budaya sekolah siswa di SD Negeri 157017 Pinangsori 11 Kabupaten Tapanuli
Tengah. Penelitian ini adalah studi kualitatif deskriptif. Pendekatan pengumpulan
data dalam penelitian ini meliputi observasi, wawancara, dokumentasi, dan
triangulasi. Analisis data adalah proses mengubah data menjadi informasi
sehingga sifat-sifatnya lebih mudah dipahami dan bermanfaat untuk pemecahan
masalah. Temuan penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah dalam
membangun budaya sekolah siswa menerapkan budaya 5S sejak dini untuk
meningkatkan karakter dan perilaku mereka. Strategi pengembangan budaya
kepala sekolah mencakup perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi siswa
berdasarkan budaya 5S yang terdiri dari Senyum, Salam, Sapa, Sopan, dan Santun.
Kendala yang ditemukan dalam pengembangan budaya sekolah di kalangan siswa
meliputi masalah yang muncul dari siswa itu sendiri, lingkungan, kesulitan dalam
membangun komitmen, kurangnya kerjasama, dan disiplin yang tidak memadai di
antara siswa.