dc.contributor.author |
PRATAMA, MUHAMMAD RIZKI RYAN |
|
dc.date.accessioned |
2025-07-21T02:24:12Z |
|
dc.date.available |
2025-07-21T02:24:12Z |
|
dc.date.issued |
2025-06-26 |
|
dc.identifier.uri |
http://localhost:8080/handle/123456789/28174 |
|
dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan dan harga
terhadap loyalitas konsumen, dengan kepuasan konsumen sebagai variabel
intervening pada Hotel Danau Toba Internasional Medan. Pendekatan yang
digunakan adalah kuantitatif dengan metode survei terhadap 100 responden yang
merupakan konsumen hotel. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis
menggunakan analisis jalur (path analysis) dengan bantuan perangkat lunak
SmartPLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh
positif dan signifikan terhadap loyalitas dan kepuasan konsumen. Harga tidak
berpengaruh signifikan terhadap loyalitas maupun kepuasan secara langsung,
namun memiliki pengaruh tidak langsung terhadap loyalitas melalui kepuasan
konsumen. Kepuasan konsumen terbukti berpengaruh signifikan terhadap loyalitas,
namun tidak mampu memediasi hubungan antara kualitas pelayanan terhadap
loyalitas secara signifikan. Temuan ini mengindikasikan bahwa loyalitas pelanggan
lebih ditentukan oleh persepsi terhadap pelayanan daripada harga. Oleh karena itu,
manajemen hotel disarankan untuk fokus pada peningkatan mutu pelayanan demi
mempertahankan loyalitas pelanggan. |
en_US |
dc.publisher |
umsu |
en_US |
dc.subject |
Kualitas Pelayanan |
en_US |
dc.subject |
Harga |
en_US |
dc.title |
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN DENGAN KEPUASAN KONSUMEN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA HOTEL DANAU TOBA INTERNASIONAL MEDAN |
en_US |
dc.type |
Thesis |
en_US |