Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas dana Bantuan
Operasional Sekolah (BOS) dalam mengembangkan mutu pendidikan di SD
Negeri 020252 Binjai Barat pada tahun 2024. Penelitian ini merupakan penelitian
mixed methods (campuran) dengan strategi metode concurrent embedded dimana
penelitian kualitatif-kuantitatif dilaksanakan secara bersamaan. Penelitian ini
dilaksanakan di SD Negeri 020252 Binjai Barat dimulai pada bulan Januari
sampai dengan bulan Februari 2025. Sumber data pada penelitian ini diperoleh
dari Kepala Sekolah, Bendahara Bantuan Operasional Sekolah dan guru-guru.
Adapun teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan pada penelitian kali ini
adalah wawancara, observasi, studi dokumentasi dan angket. Teknik analisis data
kualitatif dalam penelitian ini dengan cara reduksi data, penyajian data, penarikan
kesimpulan. Sedangkan untuk teknik analisis data kualitatif dalam penelitian ini
dengan menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji linearitas dan
uji regresi linera sederhana dengan bantuan Statistical Program for School
Science (SPSS) versi 25. Adapun hasil dari penelitian ini yang bersumber dari
data kualitatif dan kuantitatif menunjukkan bahwa Dana Bantuan Operasional
(BOS) efektif dalam mengembangan standar mutu pendidikan di SD negeri
020252 Binjai Barat. Beradsarkan dari data penelitian dapat disimpulkan bahwa
efektivitas dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dalam mengembangkan
mutu pendidikan dapat dipengaruhi dan adanya hubungan antara dana Bantuan
Operasional Sekolah dengan mutu pendidikan yang besar konstanta variable dana
BOS yaitu 3.482 dan koefisien regresi sebesar 0.419 yang mengandung arti bahwa
setiap [enambahan 1% nilai efektivitas dana BOS, maka mutu pendidikan akan
bertambah sebesar 0,149 dengan arah pengaruh variable X (dana BOS) terhadap
variable Y (Mutu Pendidikan) adalah positif.