Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi Pendidikan Agama
Islam (PAI) melalui budaya sekolah di SMP Panca Budi Medan yang diwujudkan
dalam tiga bentuk utama: kegiatan rutin, kegiatan spontan, serta keteladanan dan
pengkondisian oleh guru. Kegiatan rutin yang dilakukan meliputi murojaah Al-
Qur‟an Juz 30 sebelum pembelajaran, pelaksanaan shalat dhuha dan dzuhur
berjamaah, budaya infaq setiap Jumat, serta penerapan budaya bersih dan sehat.
Seluruh kegiatan ini bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai religius,
kedisiplinan, empati, serta tanggung jawab sosial dan kesehatan pada siswa. Di
sisi lain, kegiatan spontan seperti mengingatkan teman untuk shalat, menunjukkan
empati terhadap sesama, serta membantu teman tanpa diminta menjadi indikator
keberhasilan internalisasi nilai-nilai keislaman dalam kehidupan sehari-hari
siswa. Keteladanan guru dalam menjaga waktu shalat serta sikap akhlak mulia
dalam berinteraksi dengan siswa turut membentuk iklim religius yang kondusif di
lingkungan sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan budaya
sekolah sebagai sarana implementasi PAI secara signifikan mampu membentuk
karakter siswa yang religius, berakhlak mulia, serta memiliki kepedulian sosial
yang tinggi. Dengan demikian, budaya sekolah yang berbasis nilai-nilai Islam
menjadi strategi efektif dalam mendukung pencapaian tujuan pendidikan Islam di
lingkungan pendidikan formal.