Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perbedaan skor dalam peningkatan
kemampuan perkembangan siswa terkait kematangan
karir pada kelompok
eksperimen, sebelum dan sesudah diberikan perlakuan berupa Layanan Bimbingan
Klasikal dengan Model pembelajaran Problem Based Learning. Maupun pada
kelompok kontrol sebelum dan sesudah diberikan perlakuan bimbingan klasikal tanpa
diberikan perlakuan. Objek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 1 dan XI
IPA 2 di SMA Muhammadiyah 01 Medan. Penelitian ini menggunakan instrumen
berupa angket untuk mengukur tingkat kematangan karir siswa. Analisi data dilakukan
dengan menggunakan uji Wilcoxon Signed Ranks untuk mengukur perbedaan sebelum
dan sesudah perlakuan dalam masing-masing kelompok. Serta uji Kolmogrov Smirnov
2 Independent Sampels untuk membandingkan hasil antara kelompok eksperimen dan
kelompok kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat perbedaan yang
signifikan dalam tingkat kematangan karir siswa pada kelompok eksperimen sebelum
dan sesudah diberikan Layanan Bimbingan Klasikal dengan PBL. 2) terdapat
perubahan dalam perkembangan kematangan karir pada kelompok kontrol sebelum dan
sesudah diberikan Layanan Bimbingan Klasikal tanpa penerapan model PBL. 3)
terdapat perbedaan yan g signifikan antara kelompok eksperimen dan kelompok
kontrol dalam hal perkembangan kematangan karir siswa setelah diberikan Layanan
Bimbingan Klasikal. Temuan ini menunjukkan bahwa penerapan Layanan Bimbingan
Klasikal berbasis Problem Based Learning (PBL) efektif dan berjalan dengan baik
dalam meningkatkan kematangan karir siswa.