dc.description.abstract |
Penelitian ini adalah penilitian kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 8
Percut Sei Tuan. Penelitian tentang manajemen pendidikan karakter di SMPN 8
Percut Sei Tuan bertujuan untuk meningkatkan akhlak peserta didik melalui
perencanaan,
pelaksanaan,
dan
evaluasi
yang
terencana.
Hasilnya
mengidentifikasi tantangan seperti kurangnya koherensi program, pemahaman
yang kurang terhadap nilai-nilai karakter, dan keterlibatan yang rendah dari siswa
dan orang tua. Solusi seperti manajemen efisiensi sumber daya, integrasi program,
pelatihan staf, serta keterlibatan aktif siswa dan orang tua diusulkan untuk
mengatasi kendala ini. SMPN 8 Percut Sei Tuan menunjukkan komitmen yang
kuat dalam mengelola pendidikan karakter secara terencana dan berkelanjutan.
Langkah-langkah ini difokuskan pada pembentukan karakter siswa, didukung oleh
evaluasi terstruktur, menunjukkan keseriusan sekolah dalam mencapai tujuan.
Keterlibatan orang tua dan komunitas sekolah serta pendekatan manajemen
karakter yang positif menjadi landasan utama dalam meningkatkan akhlak siswa.
Penelitian ini mengakui potensi besar manajemen pendidikan karakter untuk
meningkatkan akhlak siswa dan memberikan solusi bagi kurangnya perhatian
orang tua. Hasil ini dapat menjadi panduan bagi institusi pendidikan lain yang
ingin mengembangkan pendidikan karakter yang berkelanjutan |
en_US |