Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) manajemen kesiswaan di SMP
Negeri 8 Percut Sei Tuan; (2) prestasi akademik siswa SMP Negeri 8 Percut Sei
Tuan; (3) Upaya manajemen kesiswaan SMP Negeri 8 Percut Sei Tuan dalam
meningkatkan prestasi akademik siswa. Penelitian ini merupakan penelitian
kualitatif dengan metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Data kualitatif dianalisis melalui pengumpulan
data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa manajemen kesiswaan di SMP Negeri 8 Percut Sei Tuan
melalui tahap: perencanaan; pelaksanaan yang meliputi penerimaan siswa baru,
masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS), pengelompokan siswa, pembinaan
siswa, pencatatan dan penilaian siswa, kelulusan siswa; pengendalian dan evaluasi
manajemen kesiswaan. Prestasi akademik siswa mengalami peningkatan sebelum
dan sesudah dilakukan perbaikan pada manajemen kesiswaan yaitu sebelum
adanya perbaikan pada semester ganjil tahun ajaran 2022/2023 dan setelah adanya
perbaikan pada semester genap tahun ajaran 2022/2023 dan semester ganjil tahun
ajaran 2023/2024. Upaya manajemen kesiswaan di SMP Negeri 8 Percut Sei Tuan
dalam meningkatkan prestasi akademik siswa yaitu dengan memperbaiki tata
tertib siswa, membuat kartu siswa, mengelompokkan siswa sesuai dengan bakat
dan minat yang dipilihnya, memperbaiki dan menambah fasilitas di sekolah sesuai
kebutuhan, memaksimalkan pelaksanaan pembinaan kegiatan akademik yang
melibatkan kerjasama antara guru mata pelajaran, wali kelas, guru BK, dan
orangtua siswa, melaksanakan pembinaan pendukung akademik diluar jam belajar
pagi baik secara offline maupun online (grup WA), serta menjalin kerjasama
dengan pihak luar. Upaya yang dilakukan dalam meningkatkan mutu guru yang
behubungan dengan peningkatan prestasi akademik siswa adalah dengan cara:
memberi kesempatan dan memfasilitasi guru untuk megikuti pelatihan, diklat,
workshop baik secara offline maupun online; memotivasi guru untuk mengikuti
berbagai perlombaan yang diadakan untuk guru; memberi izin dan memberi
motivasi kepada guru untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang S2; memotovasi
guru untuk mengikuti program guru penggerak; dan menyediakan alat dan bahan
yang menunjang dan membantu guru dalam melaksanakan pembelajaran di
kelas.