dc.description.abstract |
Pokok masalah yang dirumuskan dalam penelitian ini, yaitu; Pertama,
Bagaimana Konsep Pendidikan Islam menurut Perspektif Tan Malaka. Kedua,
Bagaimana hakikat dan tujuan pendidikan islam menurut Tan Malaka. Ketiga,
Bagaimana Konsep modernisasi pendidikan islam menurut perspektif Tan Malaka.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif yang bersifat
Deskriptif . Penelitian yang dilakukan adalah penelitian Studi Pustaka dengan
menggunakan pendekatan deskriptif. Deskriptif kualitatif yaitu suatu prosedur
penelitian yang menggunakan data deskriptif berupa kata-kata tertulis Kualitatif
berarti sesuatu yang berkaitan dengan aspek kualitas, nilai atau makna yang
terdapat dibalik fakta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pendidikan Islam
Perspektif Tan Malaka Ialah (1) Pendidikan yang yang lebih ditekankan pada
penghambaan seseorang kepada Tuhannya, Tan malaka berupaya membebaskan
manusia dari kesengsara- an, ketertindasan, dan ketidaktahuan, menjadikan hidup
lebih bermanfaat bagi diri sendiri dan sekitarnya, tidak ada lagi kasta dan
pembeda kelas-kelas. (2) Relevansi pendidikan Tan Malaka dengan sistem
pendidikan Islam di Indonesia yaitu pendidikan harus disesuaikan dengan
kebutuhan rakyat, karena pondasi terbesar dalam pendidikan Islam adalah
internalisasi keimanan yang dilakukan oleh pendidik terhadap peserta didik
dengan melalui pengetahuan ilmu duniawi seperti ilmu teknik, ilmu bahasa, ilmu
kemasyarakatan agar kehidupan seseorang bisa menjadi kaya sebagai modal
dalam kehidupan bermasyarakat dan beragama. (3) Praktek pendidikan Tan
Malaka bisa disebut sebagai pedagogik transformatif, yaitu proses
memanusiakan manusia untuk dapat membentuk masyarakat baru dan
pengetahuan baru yang diciptakan oleh keterlibatan mereka sendiri. |
en_US |