Research Repository

ANALISIS PENDAPATAN DISTRIBUTOR PEMASARAN CABAI MERAH (Capsicum annum L.) DI PASAR INDUK LAU CIH, KELURAHAN LAU CIH, KECAMATAN MEDAN TUNTUNGAN

Show simple item record

dc.contributor.author ANGGARA, M ANWAR
dc.date.accessioned 2025-07-01T08:07:02Z
dc.date.available 2025-07-01T08:07:02Z
dc.date.issued 2025-02-11
dc.identifier.uri http://localhost:8080/handle/123456789/28085
dc.description.abstract Penelitian dilaksanakan pada bulan Agustus-September 2024. Tujuan penelitian ini untuk Mengetahui pemasaran distributor di pasar induk Lau Cih Kelurahan Lau Cih, Kecamatan Medan Tuntungan. Menganalisisi besarnya biaya dan keuntungan pemasaran cabai merah bagi distributor di pasar induk Lau Cih Kelurahan Lau Cih, Kecamatan Medan Tuntungan. Menganalisis besarnya marjin pemasaran cabai merah untuk setiap jalur distribusi. Metode penelitian ini menggunakan metode studi kasus (case study) yaitu penelitian yang dilakukan dengan melihat langsung kelapangan. Responden dalam penelitian ini adalah pedagang besar sebanyak 25 orang dan pedagang kecil sebanyak 25 orang, sehingga diperoleh total seluruh responden yaitu 50 sampel. Jenis data dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Data yang didapat dari lapangan berdasarkan isi dari kuisioner diolah menggunakan data dari IBM SPSS Statistic dan Microsoft excel. Metode analisis data yaitu pemasaran distribusi, besar biaya dan keuntungan pemasaran cabai merah dan besar marjin pemasaran cabai merah. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa Sistem saluran pemasaran cabai di Pasar Lau Cih terdapat dua saluran pemasaran. Saluran pemasaran I terdiri dari Petani-Pedagang pengepul -Pedagang Besar – pedagang grosir – pedagang pengecer – konsumen akhir. Pada saluran pemasaran II, dari Petani - pedagang besar - pedagang pengecer – konsumen akhir. Biaya dan keuntungan pada setiap saluran pemasaran berbeda sangat signifikan, saluran pemasaran I mendapatkan penerimaan sebesar Rp. 12.480.000,00 dengan keuntungan sebesar Rp. 11.651.800,00 dan saluran pemasaran II mendapatkan pendapatan bersih Rp. 1.216.000,00 dengan keuntungan sebesar Rp. 967.600,00. Margin pemasaran yang terjadi pada setiap saluran pemasaran berbeda, berdasarkan hasil perhitungan margin pemasaran pada saluran pemasaran I diperoleh margin pemasaran sebesar Rp 2.080,00 sedangkan pada margin pemasaran II diperoleh sebesar Rp 5.120,00. en_US
dc.publisher umsu en_US
dc.subject Cabai Merah en_US
dc.subject Pemaasaran dan Pendapatan en_US
dc.title ANALISIS PENDAPATAN DISTRIBUTOR PEMASARAN CABAI MERAH (Capsicum annum L.) DI PASAR INDUK LAU CIH, KELURAHAN LAU CIH, KECAMATAN MEDAN TUNTUNGAN en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account