Abstract:
Penelitian dilaksanakan pada bulan Agustus-September 2024. Tujuan
penelitian ini untuk Mengetahui pemasaran distributor di pasar induk Lau Cih
Kelurahan Lau Cih, Kecamatan Medan Tuntungan. Menganalisisi besarnya biaya
dan keuntungan pemasaran cabai merah bagi distributor di pasar induk Lau Cih
Kelurahan Lau Cih, Kecamatan Medan Tuntungan. Menganalisis besarnya marjin
pemasaran cabai merah untuk setiap jalur distribusi. Metode penelitian ini
menggunakan metode studi kasus (case study) yaitu penelitian yang dilakukan
dengan melihat langsung kelapangan. Responden dalam penelitian ini adalah
pedagang besar sebanyak 25 orang dan pedagang kecil sebanyak 25 orang,
sehingga diperoleh total seluruh responden yaitu 50 sampel. Jenis data dalam
penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Data yang didapat dari lapangan
berdasarkan isi dari kuisioner diolah menggunakan data dari IBM SPSS Statistic
dan Microsoft excel. Metode analisis data yaitu pemasaran distribusi, besar biaya
dan keuntungan pemasaran cabai merah dan besar marjin pemasaran cabai merah.
Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan
bahwa Sistem saluran pemasaran cabai di Pasar Lau Cih terdapat dua saluran
pemasaran. Saluran pemasaran I terdiri dari Petani-Pedagang pengepul -Pedagang
Besar – pedagang grosir – pedagang pengecer – konsumen akhir. Pada saluran
pemasaran II, dari Petani - pedagang besar - pedagang pengecer – konsumen
akhir. Biaya dan keuntungan pada setiap saluran pemasaran berbeda sangat
signifikan, saluran pemasaran I mendapatkan penerimaan sebesar Rp.
12.480.000,00 dengan keuntungan sebesar Rp. 11.651.800,00 dan saluran
pemasaran II mendapatkan pendapatan bersih Rp. 1.216.000,00 dengan
keuntungan sebesar Rp. 967.600,00. Margin pemasaran yang terjadi pada setiap
saluran pemasaran berbeda, berdasarkan hasil perhitungan margin pemasaran pada
saluran pemasaran I diperoleh margin pemasaran sebesar Rp 2.080,00 sedangkan
pada margin pemasaran II diperoleh sebesar Rp 5.120,00.