Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Komunikasi interaktif guru dan
siswa dalam proses pembelajaran, Komunikasi interaktif yang efektif diantara
guru dan siswa, Faktor-faktor penghambat komunikasi interaktif guru dan siswa
di MTs Fajrul Iman Patumbak. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian
kualitatif dengan pendekatan fenomenalogi, yakni mengungkapkan fenomena
yang ada dilapangan penelitian. Selain itu, penelitian ini menggunakan teknik
pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi.
Sedangkan teknik analisis data yang dilakukan melalui reduksi data, penyajian
data, dan penarikan kesimpulan yang dilakukan pada saat pengumpulan data
berlangsung. Adapun hasil penelitian yang dilakukan di MTs Fajrul Iman
Patumbak menunjukan bahwa Komunikasi interaktif guru dan siswa dalam
proses pembelajaran sudah bagus hal ini dapat dilihat bahwa komunikasi
interaktif yang baik, senantiasa dipenuhi kedekatan dan keakraban antara guru
dan siswa MTs Fajrul Iman Patumbak.ketika berkomunikasi yang mendorong
siswanya menjadi siswa yang aktif, berkomitmen dan minat dalam pembelajaran.
Dan tanda-tanda komunikasi interaktif yang efektif yang dimiliki guru, yaitu:
Dapat menimbulkan pengertian, kesenangan, Perubahan pada sikap, Hubungan
yang makin baik, Dan menimbulkan tindakan. Dan faktor penghambat
komunikas interpersonal, diantaranya keadaan psikologi komunikan, pesan
bersifat satu arah, dan penyajian pesan yang verbalistik, dan sebagainya.