Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis pengaruh inovasi produk terhadap 
peningkatan penjualan pada UMKM fashion muslim di Kecamatan Medan Denai, (2) 
menganalisis pengaruh kualitas pelayanan terhadap peningkatan penjualan pada 
UMKM fashion muslim di Kecamatan Medan Denai, (3) mengkaji sinergi antara 
inovasi produk dan kualitas pelayanan dalam meningkatkan penjualan pada UMKM 
fashion muslim di Kecamatan Medan Denai. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di 
Kecamatan Medan Denai, Kota Medan, Provinsi Sumatera Utara. Metode penelitian 
ini adalah kuantitatif, dengan bantuan software SPSS 25. Berdasarkan kuesioner yang 
disebarkan kepada responden sebanyak 74 menunjukkan bahwa inovasi produk 
memiliki pengaruh dan signifikan terhadap peningkatan  penjualan sebesar 29,8%, 
kemudian kualitas pelayanan memiliki pengaruh  
dan signifikan  
terhadap 
peningkatan penjualan  sebesar 46,2 %,  sedangkan  secara simultan inovasi produk 
dan kualitas pelayanan berpengaruh dan signifikan terhadap peningkatan  penjualan 
sebesar 67,9 % sisanya sebesar 32,1 % dijelaskan oleh variabel  lain yang tidak 
digunakan dalam penelitian  ini.