Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis pengaruh inovasi produk terhadap
peningkatan penjualan pada UMKM fashion muslim di Kecamatan Medan Denai, (2)
menganalisis pengaruh kualitas pelayanan terhadap peningkatan penjualan pada
UMKM fashion muslim di Kecamatan Medan Denai, (3) mengkaji sinergi antara
inovasi produk dan kualitas pelayanan dalam meningkatkan penjualan pada UMKM
fashion muslim di Kecamatan Medan Denai. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di
Kecamatan Medan Denai, Kota Medan, Provinsi Sumatera Utara. Metode penelitian
ini adalah kuantitatif, dengan bantuan software SPSS 25. Berdasarkan kuesioner yang
disebarkan kepada responden sebanyak 74 menunjukkan bahwa inovasi produk
memiliki pengaruh dan signifikan terhadap peningkatan penjualan sebesar 29,8%,
kemudian kualitas pelayanan memiliki pengaruh
dan signifikan
terhadap
peningkatan penjualan sebesar 46,2 %, sedangkan secara simultan inovasi produk
dan kualitas pelayanan berpengaruh dan signifikan terhadap peningkatan penjualan
sebesar 67,9 % sisanya sebesar 32,1 % dijelaskan oleh variabel lain yang tidak
digunakan dalam penelitian ini.