dc.description.abstract |
Pendidikan tidak hanya terbatas pada pemberian informasi dan
pembentukan keterampilan, tetapi juga mencakup usaha untuk mewujudkan
keinginan, kebutuhan, dan kemampuan individu guna mencapai kehidupan pribadi
dan sosial yang memuaskan. Dalam konteks Pendidikan Agama Islam, strategi
pembelajaran yang tepat menjadi penting untuk meningkatkan pemahaman peserta
didik terhadap materi ajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan
strategi Practice Rehearsal Pairs dalam pembelajaran materi haji dan umroh.
Strategi ini melibatkan peserta didik secara aktif melalui kegiatan berpasangan,
sehingga mereka dapat memperagakan keterampilan atau prosedur secara langsung.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, yang
berfokus pada pengamatan terhadap proses dan interaksi dalam pembelajaran. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa strategi Practice Rehearsal Pairs dapat
meningkatkan pemahaman peserta didik terhadap materi secara signifikan,
memperkuat keakraban antar siswa, serta menciptakan suasana kelas yang lebih
kondusif dan kolaboratif. Strategi ini juga mempermudah guru dalam melakukan
penilaian formatif dan memperkuat peran guru sebagai fasilitator. Dengan
demikian, strategi Practice Rehearsal Pairs sangat relevan diterapkan dalam
pembelajaran Pendidikan Agama Islam karena mampu mendorong pembelajaran
yang aktif, efektif, dan bermakna. |
en_US |