Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pembelajaran Alqur`an Hadits berbasis
kontekstual di MTs Matahari Batang Kuis. Penelitian ini menggunakan
metodologi penelitian kualitatif deskriptif . Jenis penelitian ini adalah penelitian
lapangan. Data informan didalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru dan
siswa. pengumpulan data yang digunakan didalam penelitian ini menggunakan
metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian bahwa
perencanaan pembelajaran Alqur`an Hadits berbasis kontekstual di MTs Matahari
Batang Kuis dilakukan melalui tahapan pembuatan RPP sesuai kurikulum yang
berlaku sehingga tidak ada yang keluar dari materi yang akan dibahas dalam
kajian Alqur`an Hadits dan dikumpulkan RPP dalam rapat guru untuk menerima
masukan dari guru lain yang mengajar mata pelajaran yang sama atau dari guru
lain yang dengan mata pelajaran yang berbeda sehingga apa yang direncanakan
dapat disesuaikan sikap siswa dikelas. Pelaksanaan/penerapan pembelajaran
kontekstual di MTs Matahari Batang Kuis dengan menggunakan metode
pembelajaran yang tepat seperti menggunakan ilustrasi dan contoh dalam
pembelajaran yang sesuai dengan kehidupan sehari-hari utnuk mengabadikan
ingatannya yang berkaitan dengan Alqur`an dan Hadits, guru memberikan tugas
hafalan kepada siswa dan guru selalu menampilka profil yang sederhana sehingga
dapat menjadikan contoh bagi siswa. Evaluasi pembelajaran Alqur`an Hadits
berbasis kontekstual di MTs Matahari Batang Kuis dengan melakukan uji
kompetensi yang terdapat pada lembar kerja siswa, evaluasi hafalan siswa dengan
sistem hafalan dilakukan secara rutin termasuk harian dan ulangan tengah
semester dan ulangan semester.