Abstract:
Road barrier atau pembatas jalan beton pertama kalinya dibuat oleh ETI (Evolution in
Traffic Innovation) yang memiliki fungsi untuk keamanan dalam berkendaraan. Road
barrier sangat diperlukan di dalam beberapa kejadian tertentu seperti terjadinya
kemacetan atau saat terdapat perbaikan jalan. Bahan material utama road barrier ialah
beton yang memiliki sifat kuat dan tahan lama hanya saja lebih berat dan lebih mahal.
Memanfaatkan bahan material utama dengan abu cangkang sawit pada pembuatan road
barier agar lebih ringan, kekuatan yang lebih tinggi, tahan korosi, efektif, kondusif dan
ramah lingkungan. Penulis melakukan penelitian ini ialah menganalisa kekuatan
spesimen dari bahan beton ringan dan abu cangkang sawit menggunakan alat uji kuat
tekan dan juga menganalisa kekuatan komposit yang diperkuat dengan abu cangkang
sawit yang digunakan pada pembuatan road barrier. Jenis penelitian ini adalah dengan
metode pengumpulan data dengan cara observasi secara langsung pada saat melakukan
pengujian dengan menggunakan alat mesin kuat tekan di tempat Laboratorium Fakultas
Teknik Universitas Medan Area. Terkait hasil pengujian penulis lakukan adalah
menggunakan bahan material abu cangkang sawit pada pembuatan road barrier ialah
memiliki karakteristik meningkatkan kekuatan dan kekakuan bahan dalam bahan
komposit, Hasil pengujian stabilitas pada bandul memiliki rata – rata pada energi
potensial adalah 12,50 joule dan momentum bandul adalah 9,25 Nm. Dan pengujian pada
spesimen diberikan tekanan maksimal oleh alat mesin kuat tekan dengan hasil semua
spesimen hancur dan memiliki tekanan maksimal yang diterima berbeda – beda setiap
spesimen. Hasil pengujian kuat tekan pada spesimen memiliki rata – rata adalah 52,97
kg/cm².