Abstract:
Badan Pendapatan Daerah kota Medan provinsi Sumatera Utara terus berupaya
meningkatkan penerimaan daerah yang bersumber dari pajak bumi dan bangunan.
Dalam kurun waktu tahun 6 (enam) tahun terakhir realisasi penerimaan tidak
tercapai sesuai dengan target yang ditetapkan. Tujuan dari penelitian ini untuk
mengidentifikasi strategi directing yang dilaksanakan oleh Bapenda Kota Medan
guna meningkatkan kualitas pelayanan pembayaran PBB di kota medan.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif
dengan analisis deskriptif. Pendekatan ini bertujuan untuk menggali informasi
tentang bagaimana strategi yang diterapkan oleh BAPENDA kota Medan dalam
meningkatkan kualitas pelayanan pembayaran PBB dan bagaimana strategi tersebut
mempengaruhi pelayanan publik di kota Medan. Hasil penelitian ini menunjukkan
bahwa strategi directing Bapenda kota Medan dalam meningkatkan kualitas
pelayanan pembayaran PBB telah tercapai dengan baik dan pelayanan publik yang
dilaksanakan di Bapenda kota Medan telah berjalan dengan efektif.